Dr. Ahsan Mardjudo dan Asrawaty, M.Sc. Dosen Fakultas Perikanan dan Fakultas Pertanian yang berhasil mendapatkan dana hibah Pengabdian dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), dua hari lalu melakukan sosialisasi Program Kemitraan Masyarakat (PKM), di desa Kaliburu, Kecamatan Sindue Tombusabora.

Keduanya pada media ini, Ahad, (14/7), mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat desa Kaliburu terkait dengan pelatihan keterampilan yang akan diberikan kepada mereka.

” Jadi sebelum dilatih, mereka terlebih dahulu diberikan penjelasan apa itu program kemitraan masyarakat, serta manfaat langsung yang mereka akan dapatkan nantinya,” kata Ahsan.

Dia mengatakan, masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga akan diberikan pelatihan keterampilan pembuatan abon ikan, nuget ikan dan olahan ikan pepes atau rono tapa menjadi burger.

Pengabdian yang didanai Kementerian Ristek Dikti itu, kata Doktor jebolan Universitas Brawijaya Malang diberi judul “Pemberdayaan Masyarakat Berbisis Pengolahan hasil Perikanan”.

Wakil Rektor bidang akademik ini mengatakan, PKM adalah program kemitraan masyarakat yang bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal

Menurutnya, PKM merupakan salah satu solusi bagi peningkatan pendapatan ekonomi rumah tangga masyarakat.

” Ini salah satu solusi untuk meningkatkan pendapatan ibu-ibu rumah tangga di desa, khususnya di desa Kaliburu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here